Selasa, 20 Desember 2016

Pengertian Drone Dan Manfaat Dari Drone

Secara umum, drone merupakan salah satu teknologi canggih yang berupa kendaraan udara. Bentuknya tersebut menyerupai pesawat terbang atau juga helikopter yang dapat di operasikan tanpa dikendarai oleh awak atau pilot. Jika pesawat terbang di kendarai oleh pilot yang berada di dalam kabin maka drone ini memiliki pilot yang tetap tinggal di daratan dan hanya memanfaatkan fasilitas seperti remote control untuk dapat mengontrol terbang drone di udara. Oleh sebab itu banyak anggota militer yang memanfaatkan alat canggih ini untuk dapat menyelesaikan berbagai macam misi yang mempunyai resikot tinggi untuk pesawat yang dikendarai oleh pilot.

Meski drone ini pada awalnya hanya di pergunakan oleh anggota militer saja, namun rupanya di masa yang serba canggih ini, drone telah banyak digunakan oleh seluruh pihak secara meluas. Badan pemerintahan juga memanfaatkan drone untuk dapat menghubungkan intelejen dengan pertanahan. Namun saat ini untuk masyarakat awam sekalipun juga dapat menggunakan alat canggih tersebut. Jika anda sudah tidak asing lagi dengan apa itu drone maka anda juga harus tahu bahwa drone terbagi dalam beberapa jenis dan yang paling utama adalah drone khusus untuk militer dan khusus untuk komersial.
Drone khusus untuk militer tersebut merupakan jenis drone yang hanya dapat digunakan oleh pihak militer saja atau dapat juga digunakan oleh badan pemerintahan sedangkan drone komersial biasanya dipasarkan di beberapa toko secara meluas dan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat umum. Tidak hanya dibedakan berdasarkan tata penggunaannya saja, drone juga dapat dibedakan berdasarkan fungsinya. Jadi fungsi drone itu sendiri memang sangat banyak dan perlu untuk anda ketahui seluruhnya agar tidak salah dalam mengartikan drone tersebut. Tidak hanya itu saja rupanya hal yang perlu untuk anda ketahui juga adalah spesifikasi drone, sebab alat canggih ini hadir dalam berbagai macam bentuk dan ukuran.
Untuk ukuran drone khusus militer atau badan pemerintah biasanya berukuran lebih besar dan bahkan dilengkapi dengan adanya persenjataan guna mempertahankan drone tersebut dari serangan bahaya. Tentunya sangat berbeda dengan ukuran drone komersial yang dibuat lebih kecil dan ringan yang jika di bayangkan hanya seluas telapak tangan usia dewasa saja. Kemudian anda juga harus tahu bahwa ada beberapa jenis drone yang dapat di operasikan hanya dengan memanfaatkan tenaga surya saja yang dijadikan sebagai sumber tenaganya untuk terbang. Kemudian untuk jenis drone pada umumnya menggunakan baterai yang apabila isi dayanya habis harus segera diisi atau di charger. Namun biasanya ada juga beberapa drone yang menyediakan baterai ekstra agar drone dapat terbang lebih lama lagi.

Banyak manfaat drone yang jarang diketahui oleh orang Indonesia. Benda bernama “drone” ini memang masih belum begitu familiar bagi orang-orang di negara kita. Umumnya, orang Indonesia mendengar istilah drone dalam berita sebagai alat yang digunakan oleh Amerika Serikat untuk menyerang musuhnya. Drone menjadi semacam alat untuk membawa bom maupun jenis persenjataan yang lain.
Drone (Unmanned Aerial Vehicle) sendiri pada dasarnya merupakan mesin terbang tanpa kendali dalam badannya oleh manusia yang dikendalikan dari jarak jauh atau malah bekerja secara mandiri. Untuk mengangkat tubuhnya di udara, mesin terbang ini menggunakan hukum aerodinamika.
Pada awalnya, drone digunakan untuk keperluan militer. Bahkan hingga hari ini, teknologi drone untuk militer semakin canggih dan mengagumkan. Namun, banyak pula drone yang telah diciptakan untuk keperluan non militer. Misalnya untuk keperluan pengambilan gambar dan video pada bidang perfilman dan penelitian. Anda yang orang awam pun bisa memiliki drone hanya untuk sekedar hobi apabila memang mampu membeli pesawat tanpa awak ini. Berikut ini 8 manfaat drone yang akan dijelaskan dengan lebih lengkap:
8 Manfaat Drone yang Jarang Diketahui Orang

1.     Untuk Mencari Korban Bencana Alam dan Korban Tragedi lainnya
Manfaat drone yang pertama adalah untuk membantu korban bencana alam dan berbagai bencana lainnya. Pada beberapa kasus, drone memang efektif digunakan untuk menyelamatkan manusia. Misalnya pada kasus bencana banjir. Drone bisa diterbangkan pada area yang membahayakan untuk menemukan apakah masih ada korban yang selamat. Drone juga bisa digunakan untuk memberikan suplai bantuan sementara. Sebab, mungkin area untuk menjangkau wilayah tersebut sangat membahayakan.
2.     Untuk Menegakkan Hukum
Manfaat drone selanjutnya adalah untuk menegakkan hukum. Misalnya, untuk menjaga perbatasan antar negara. Aktivitas di sekitar perbatasan antar negara bisa dipantau dengan baik menggunakan drone. Jadi adanya pelanggaran yang terjadi bisa segera diketahui dan diselesaikan masalahnya. Pada penggunaan dalam internal negara, drone juga bisa dimanfaatkan dengan sangat baik. Misalnya untuk menjaga area hutan lindung dari penebangan liar. Sebab, selama ini masalah klasik kerusakan hutan adalah dikarenakan luasnya areal hutan yang kadang tak terjangkau oleh pengawas hutan.
3.     Sebagai Alat untuk Membantu Perawatan Infrastruktur
Pada beberapa bangunan tertentu seperti jembatan dan gedung pencakar langit yang tinggi, penggunaan drone jelas menjadi pilihan yang baik untuk fungsi maintenance. Drone bisa dikirim pada area yang sangat tinggi dan terlalu beresiko bagi manusia. Alat ini bisa difungsikan untuk mengetahui jikalau ada kerusakan yang perlu diperbaiki.
4.     Untuk Mengawasi Area Persawahan atau Perkebunan yang Luas
Drone juga bisa dimanfaatkan untuk mengawasi area Anda yang luas, seperti area pertanian dan perkebunan kelapa sawit yang luasnya berhektar-hektar. Anda bisa memanfaatkan alat ini untuk mengetahui adanya pencurian maupun kerusakan yang diakibatkan aktivitas binatang liar.
5.     Untuk Kepentingan Jurnalisme
Anda bisa memanfaatkan drone untuk kepentingan jurnalisme. Misalnya, mengirim drone di area peperangan untuk mengetahui secara live apa yang sedang terjadi. Sebab, untuk mengirim langsung wartawan dan cameramen tentu resikonya sangat membahayakan. Bukan tak mungkin wartawan dan cameramen tersebut dianggap musuh sehingga menjadi korban salah sasaran.
6.     Untuk Penelitian
Manfaat drone untuk penelitian dikarenakan kemampuannya untuk banyak hal. Selain bisa mengambil gambar hewan atau binatang tertentu, drone juga bisa digunakan untuk memantau kondisi suatu area yang ingin diteliti namun tak terjangkau.
7.     Untuk Perfilman
Drone bisa digunakan untuk membawa kamera. Karenanya alat ini bisa membantu proses pengambilan gambar terutama untuk film-film documenter. Kualitas gambar yang dihasilkan sendiri sangat tergantung dengan spesifikasi drone dan kamera yang Anda gunakan. Semakin bagus kualitas drone dan kamera, semakin baik pula gambar yang bisa Anda hasilkan. Hingga hari ini sendiri, spesifikasi drone yang makin canggih semakin memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan resolusi tinggi.
8.     Untuk Sekedar Hobi
Manfaat drone yang terakhir adalah untuk memuaskan hobi Anda. Anda bisa menggunakan drone untuk murni bermain dengan alat ini atau malah untuk mendukung hobi Anda yang lain seperti fotografi. Dengan drone Anda bisa mengambil gambar yang sulit Anda ambil sendiri.
Demikian 8 funsi drone yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi mengenai 8 manfaat drone di atas bermanfaat. 
sumber:
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

animasi blog
animasi blog

Popular Posts

Recent Posts

Categories

Unordered List

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.